23 Siswa Bengkulu Akan Terbang Ke Mamuju

23 Siswa Bengkulu Akan Terbang Ke Mamuju

\"\"

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, PT. Bank Tabungan Negara menggelar serangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri, salah satunya Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN). SMN merupakan program pertukaran siswa yang diinisiasi Kementerian BUMN dengan tujuan menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air kepada siswa SMA/SMK/SLB. Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2015, dan tahun ini 23 siswa-siswi yang terpilih akan mengikuti program SMN di Mamuju, Sulawesi Barat. Selama 12 hari, mereka akan mengikuti rangkaian kegiatan SMN di Mamuju dan Jakarta.

“Kami sangat bangga dengan siswa-siswi Bengkulu yang antusias mengikuti program SMN, kami berharap mereka mendapat pengalaman berharga dengan belajar dan mengeksplorasi seni dan budaya daerah lain dan mengenal beragam potensi ekonomi dan wisata daerah,”. Ujar Direktur Bank BTN, Dasuki Amsir pada pelepasan siswa-siswi SMN yang digelar di Grage Hotel Bengkulu Jumat malam (03/08/18).

  \"\"  

Selain itu, Dasuki Amsir juga mengapresiasi jajaran Pemerintah Provinsi Bengkulu yang terlibat dalam menyukseskan program ini sejak proses seleksi, pelepasan hingga penerimaan SMN. Bahkan dalam pelepasan malam itu, tampak hadir langsung Penjabat Walikota Bengkulu Budiman Ismaun dan Staf Ahli Bidang Kesra dan SDM Pemprov Bengkulu, Rusdi Bakar yang mewakili Plt. Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah.

“Kerjasama dan koordinasi serta kekompakan yang ditunjukkan Pemprov Bengkulu sangat baik dalam menyukseskan dan mendukung program SMN ini, kami harapkan Bengkulu dapat lebih maju dan berkembang lewat program BUMN Hadir Untuk Negeri ini,” tutur Dasuki Amsir.

Siswa yang terpilih mengikuti SMN ini berjumlah 23 orang, diantaranya 20 pelajar yang duduk di kelas XI dan 3 orang pelajar difabel dari SLB. Nantinya di Mamuju mereka dijadwalkan akan mengunjungi sejumlah lokasi penting, diantaranta objek wisata lombang-lombang, Alam Kanang, pulau Karampuang, Pantai Manakarra dan situs sejarah seperti Masjid Imam Lapeo, dan study tour melihat langsung pabrik cokelat dan beras, serta study banding ke sejumlah sekolah unggulan di Mamuju. Para siswa juga akan berkesempatan mempelajari proses tenun sutera Mandar khas Mamuju. Selama di Mamuju pun mereka akan didampingi oleh PT Bank Rakyat Indonesia.

“Program SMN tahun ini berbeda karena sarat dengan ilmi yang diharapkan dapat lebih menguatkan jiwa nasionalisme diantaranya Bela Negara seperti penerapan ideology Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari dan nilai-nilai kebangsaan yang bias mengingkatkan kecintaan mereka terhadap tanah air,” tambah Dasuki.

Setelah mengikuti rangkaian acara di Mamuju, para siswa akan melawat ke Kantor Bank BTN di Jakarta. Mereka akan dibekali pengetahuan mengenai produk perbankan, sejarah Bank BTN dan peran serta Bank BTN dalam mendukung pemerintah khususnya Program Sejuta Rumah. Setiap siswa pun akan mendapat tabungan ‘Juara’, produk tabungan khusus pelajar dari Bank BTN. (ibe)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: